Olimpiade Tokyo: Owen Wright yang Pernah Cedera Otak Menangkan Medali untuk Olahraga Berselancar

By Nad

nusakini.com - Internasional - Peselancar Australia Owen Wright menunjukkan kebangkitan kembalinya setelah mengalami cedera otak dengan memenangkan medali untuk cabang olahraga berselancar. Berselancar menjadi salah satu cabang olahraga yang baru diselenggarakan di Olimpiade untuk pertama kali.

Pria berusia 31 tahun ini mengalami pendarahan otak setelah ia tersapu ombak besar saat sedang berlatih pada tahun 2015. Peristiwa ini kemudian mengharuskan Wright untuk belajar berjalan dari awal dan juga berselancar.

Sekarang ia tidak hanya kembali berselancar, namun juga mencatat sejarah dengan memenangkan medali perunggi di Tokyo. Peselancar Italo Ferreira dari Brazil kemudian yang memenangkan medali emas.

Ferreira mengalahkan atlet Jepang Kanoa Igarashi di babak final dengan total skor 15,14.

Dalam pertandingan merebut medali perunggu, Wright mengalahkan pemenang dunia Gabriel Medina. Wright mendapatkan skor sebesar 11,97 sedangkan Medina 11,77.

Di cabang olahraga berselancar, setiap ombak yang dinaiki peselancar dinilai oleh lima juri dengan nilai dari 0,1 hingga 10,0.

Nilai tertinggi dan terendah dari lima skor kemudian dihilangkan, dengan nilai peselancar dirata-ratakan dari tiga skor sisanya. Dua skor terbaik kemudian ditambahkan untuk melihat total dari nilai 20.